Alasan Kenapa Harus Pilih Spare Part Original!

6/15/2016 03:31:00 PM
Ingin beli spare part original atau genuine part, sudah semestinya Anda datang ke dealer resmi. Namun masih saja beberapa orang malah condong memilih toko-toko spare part pinggir jalan ataupun secara online tanpa tahu toko tersebut dealer resmi atau bukan. Alasannya seh simple yakni harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan dealer atau distributor resmi. Padahal ketika ingin memilih distributor spare part alat berat Anda harus hati-hati dan jeli karena fisik setiap produk akan sama persis bahkan hampir tidak bisa dibedakan, mana yang asli mana yang palsu. Sama hal nya dengan saat Anda ingin membeli excavator bekas, Anda harus jeli dan berhati-hati.

Spare Part Original


Kebutuhan akan spare part untuk alat berat khususnya oli sangatlah penting. Karena biasanya oli ini akan sangat dibutuhkan untuk mesin-mesin alat berat ketika proyek pembangunan sedang berjalan. Nah, demi menjaga performa mesin alat berat pemilihan oli pun haruslah menggunakan oli mesin yang genuine. Jenis dan ukurannya yang beragam membuat pemilik perusahaan konstruksi harus selalu me-restock cadangan oli untuk setiap alat berat yang dimilikinya.

Bicara mengenai pelumas atau oli mesin alat berat, sejatinya setiap produk lubricant akan selalu menggunakan teknologi pelumasannya yang mengikuti dengan perkembangan teknologi mesin. Adapun beberapa fitur dari produk oli genuine yang khusus untuk mesin alat berat : 
  • Anti dan tahan aus
Penggunaan oli genuine akan berikan performa mesin yang tangguh baik dari keausan. Biasanya penggunaan oli ini akan lebih diberikan ke komponen-komponen alat berat seperti cams, tappets dan ring piston.
  • Anti karat
Menggunakan oli genuine akan mampu menetralkan kadar sulfida dan oksida yang ada pada emisi (TBN). Dengan begitu, ini akan melindungi setiap komponen dalam mesin dari korosi atau karat.
  • Pengikat kontaminan tinggi
Emisi atau bahan bakar yang dihasilkan oleh penggunaan oli yang dipergunakan oleh mesin alat berat ketika beroperasi ini akan mudah terkontaminasi. Oleh karena itu, setiap mesin alat berat biasanya harus memiliki pengikat dalam engine oil untuk mencegah terjadinya kontaminan yang sangat tinggi pada mesin.
  • Pembersih dari partikel karbon
Oli juga merupakan pembersih yang superior, dimana mampu menghilangkan partikel karbon halus dan mempertahankan kebersihan di sekitar ruang bakar pada mesin. Partikel karbon halus ini akan bisa menyebabkan ring piston ataupun kutub akan mudah terkikis dan mesin pun akan cepat rusak.
  • Tahan akan panas
Mesin kontruksi dengan volume beban tinggi akan butuh ketahanan panas. Dengan oli inilah akan membantu mencegah kerusakan dalam mesin yang dikarenakan panas yang berlebihan. Dengan begitu, periode penggantian olipun akan menjadi lebih lama.

Masih berani gunakan oli mesin untuk alat berat yang Anda beli di toko-toko spare part yang tidak jelas ?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »