Riau dan Sektor Laut Jawa Jadi Ladang Minyak Bumi

5/25/2018 08:21:00 PM
ladang minyak bumi riau
Seperti yang sudah kamu ketahui, Indonesia kaya akan minyak bumi. Dengan demikian, tidak heran jika untuk menemukan tempat jual solar industri tidaklah sulit. Akan tetapi, kamu penasaran tidak sih dengan provinsi mana saja yang menjadi ladang minyak bumi? Indonesia sendiri memiliki beberapa wilayah yang menjadi ladang minyak bumi. Salah satunya adalah Riau dan juga Sektor Laut Jawa. Coba simak detailnya, yuk!
  • Kepulauan Riau. Sebagai salah satu provinsi termuda di Indonesia, Riau ternyata menyimpan kekayaan alam yang berlimpah, lho. Pasalnya, kawasan dengan luas lautan mencapai 95% dari total luas provinsinya ini mengandung minyak bumi yang cukup berharga. Riau sendiri merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Kamboja. Meskipun kawasan daratannya kecil, Riau menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia, lho. Alasannya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya; Riau memiliki sumber minyak bumi yang berlimpah. Tidak heran jika kamu bisa dengan mudah menemukan perusahaan minyak dalam negeri maupun luar negeri di provinsi ini. Di Riau sendiri, penambangan minyak terbagi menjadi beberapa block offshore mulai dari Natuna Sea Block A, Natuna Sea Block B, dan South Natuna Sea Block A. Perharinya, setiap block offshore ini akan menghasilkan 65.154 barel minyak mentah dengan pembagian 62.130 barel minyak mentah dan 3.024 barel kondensat. Menariknya, provinsi ini tidak hanya kaya dengan minyak bumi saja tetapi juga kaya dengan gas alam.
  • Sektor Laut Jawa. Selain Riau, Sektor Laut Jawa juga menghasilkan banyak minyak bumi, lho. Sektor Laut Jawa merupakan sumur minyak offshore (lepas pantai) yang dikategorikan sebagai sumur minyak netral dan tidak bisa diklaim oleh provinsi mana pun. Secara geografis, Sektor Laut Jawa ini terbentang dari bagian tenggara Sumatera hingga ke wilayah Jawa Barat. Perharinya, Sektor Laut Jawa bisa menghasilkan minyak mentah sebesar 65.157 barel dengan detail 62.130 barel minyak mentah dan 3.024 barel kondensat.
Wah, ternyata Indonesia memang kaya akan minyak bumi, ya. Namun, harus dipahami juga bahwa minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui, sehingga akan lebih baik jika kita tidak mengeksploitasinya dan menggunakannya dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »