Ternyata Ini Alasan Bank Menolak Pengajuan Kredit

2/07/2018 10:44:00 AM
Pernah mengajukan kredit ke bank namun ditolak? Tentunya pengalaman ini tidak mengenakkan, apalagi mungkin Anda sedang benar-benar membutuhkan pinjaman uang. Namun terkadang Anda tidak dapat menyalahkan pihak bank begitu saja. Sebab bank juga perlu menerapkan beberapa peraturan ketat untuk menghindari debitur yang tidak disiplin. Nah, adapun berikut beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari supaya pengajuan kredit bisa disetujui (source:kreditgogo).

  • Jumlah gaji tidak mencukupi persyaratan

Pengajuan Kredit Ditolak
Untuk menyetujui permintaan kredit Anda, setiap bank pastinya memiliki syarat gaji minimum. Biasanya rata-rata gaji minimum yang ditentukan bank sebesar tiga juta rupiah. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pihak bank dan debitur agar pembayaran cicilan tidak tersendat. Namun perlu diketahui kalau gaji yang dilihat biasanya adalah gaji pokok. 

Jadi, jika penghasilan Anda banyak yang diperoleh dari bonus atau komisi usaha mungkin akan lebih sulit. Akan tetapi jika gaji Anda di bawah rata-rata, bukan berarti tidak ada harapan untuk mengajukan pinjaman lho. Beberapa bank bisa saja menyetujuinya namun dengan jumlah bunga yang lebih tinggi.

  • Memiliki riwayat kredit yang buruk

Ini merupakan salah satu alasan utama mengapa bank seringkali menolak pengajuan kredit. Pasalnya sejarah kredit Anda terekam dalam IDI Historis sehingga bank dapat mengetahui apakah Anda tertib membayarkan cicilan atau tidak. IDI Historis ini tersimpan dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia dan dapat diakses oleh bank mana pun. Jadi pikirkan dengan baik sebelum mengajukan pinjaman ke bank mana pun, jika Anda mengalami kendala untuk membayarkan cicilan, maka akan memperburuk IDI Historis.

  • Tidak pernah mengajukan kredit sebelumnya

Bukan hanya riwayat kredit yang buruk, namun tidak pernah melakukan pengajuan kredit juga bisa mempersulit proses lho. Meskipun bukan suatu hal yang buruk tapi membuat bank lebih susah untuk menilai kemampuan Anda sebagai debitur.

  • Kesalahan data diri dan tidak lengkapnya dokumen

Saat mengajukan kredit ke bank, tentunya Anda diminta untuk mengisi beberapa formulir dan mengumpulkan dokumen-dokumen penting. Nah, agar pengajuan kredit bisa berjalan lancar, Anda harus memerhatikan hal ini secara teliti. Pastikan Anda mempersiapkan dokumen dengan lengkap dan tidak melakukan kesalahan saat mengisi data diri. 

Demikian hal-hal yang dapat menghambat pengajuan kredit. Jika pengajuan kredit Anda pernah ditolak oleh bank, cobalah perbaiki hal-hal yang telah disebut di atas. Misalnya, jika yang menjadi masalah adalah jumlah gaji yang tidak sesuai persyaratan, Anda bisa mencoba mencari penghasilan tambahan, seperti berbisnis jastip, misalnya. Bisnis jastip merupakan bisnis yang memiliki prospek positif untuk para pemula. Dengan demikian, masalah gaji yang rendah bisa ditutupi dengan pemasukan dari bisnis jastip ini. Semoga membantu! (Rima)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »