Cara Mempersiapkan Makanan Ibu Hamil dengan Baik

2/09/2018 06:23:00 PM
makanan masa kehamilan
Memastikan hanya bahan makanan sehat untuk ibu hamil muda sebenarnya cukup gampang, apalagi di negara tercinta kita yang kaya akan sumber sayur-sayuran, buah, ikan dan daging jadi harus bersyukur lahir di Indonesia. Tidak hanya kaya akan sumber makanan, Indonesia juga kaya akan budaya dari aneka ragam suku bangsa yang memiliki adat tersendiri untuk ibu-ibu yang hamil.

Eits, ayo balik lagi ke topik utama. Memilih bahan makan memang mudah, namun kita perlu tahu cara mempersiapkan makanan ibu hamil dengan baik. Gimana caranya? Berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti:
  1. Sesampainya di rumah, semua sayur dan buah langsung dibersihkan dengan air agar sisa-sisa tanah yang menempel pada sayur dan buah hilang. Tiriskan dan biarkan sayur dan buah kering sebelum dimasukan ke wadah dan disimpan ke dalam kulkas.
  2. Untuk menghindari adanya kontaminasi antara bahan makanan, disarankan untuk memisahkan penyimpanan makan jadi dan mentah, sayur dengan daging. Bingung caranya? Setiap bahan makanan ataupun makanan siap jadi disimpan dalam kotak plastic seperti Tupperware, lock and lock, atau brand lainnya.
  3. Lebih baik gunakan talenan yang berbeda untuk memotong sayur, makanan jadi, dan daging merah. Alasannya? Alasannya sama persis seperti alasan di nomor 2 yaitu menghindari kontaminasi.
  4. Masak daging dan telur sampai matang. Pada masa kehamilan, buang-buang jauh keinginan makan daging dengan tingkat kematangan medium, medium rare atau telur ¼ - ¾ matang. Pastikan untuk daging sudah tidak ada warna merah dan telur sudah matang baru dimakan. Ini untuk menghindari masuknya bakteri yang bisa mengganggu kesehatan janin.
  5. Clean and Clean – selama menyiapkan makanan pastikan menganduk sistem ini. Apa maksudnya clean and clean? Sering-sering cuci tangan dan cuci peralatan masak / pastikan peralatan masak bersih. Dan sebelum makan pun, mulailah habit untuk cuci tangan untuk menghindari kontimasi bakteri.
  6. Hindari makanan yang bisa memperbesar kemungkinan keguguran seperti nanas. Berarti gak aman Ibu hamil untuk mengkonsumsi nanas? Sebenarnya boleh namun tidak boleh pada trimester 1 dan 2. Dan nanas yang boleh dimakan harus matang banget dalam jumlah dikit dan hindari mengkonsumsi bagian tengah nanas. Oiya, selain nanas, papaya muda juga perlu dihindari.
Hanya 6 aja, gak perlu banyak-banyak. Bisalah ya, buat calon ibu dan ayah. Semangat, ibu dan ayah!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »