2S2B dan 2SMT, Sistem Self Service Unik untuk Para Penikmat Bir

3/28/2016 11:00:00 AM
Bar
Jika biasanya kamu tinggal memanggil pelayan saat ingin pesan bir, hal tersebut tidak bisa kamu lakukan ketika mengunjungi bar dengan sistem 2S2B atau Self Service Beer Bars. Bar yang menggunakan sistem ini tidak menyediakan pelayan untuk mencatat dan mengantarkan pesanan, sehingga para pengunjung harus mengambil sendiri bir yang mereka inginkan. Sistem yang dikembangkan oleh MCAT Automation sejak tahun 2005 ini tengah populer dan banyak digunakan oleh bar di berbagai penjuru dunia. Sistem ini bekerja menggunakan dua line LCD display yang dilengkapi dengan tombol pengendali. Namun setelah mengalami pengembangan, 2S2B kini menggunakan user interface dengan sistem touchscreen.

Pada tahun 2012, MCAT Automation mengembangkan sebuah sistem baru yang juga mengusung konsep self service, yaitu 2SMT atau Self Service Mobile Tables. Lalu, apa yang membedakan 2SMT dengan 2S2B? Berikut ulasannya.
  • 2S2B
2S2B menggunakan pipa untuk menjalankan sistemnya. Dengan sistem ini, konsumen  tidak hanya bisa memesan bir, tapi juga menu makanan lain melalui panel yang tersedia. Makanan tersebut nantinya akan diantar oleh pelayan, berbeda dengan bir yang bisa langsung dituang dan dinikmati. Tidak hanya itu, di beberapa bar bahkan menyediakan panel khusus yang memungkinkan para pengunjungnya untuk me-request lagu untuk menemani waktu santai mereka.
  • 2SMT
Berbeda dengan 2S2B yang menggunakan pipa, sistem 2SMT berjalan menggunakan tenaga listrik dan bisa digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan. Sistem 2SMT memiliki kelebihan yaitu bisa dikendalikan menggunakan remote, serta dapat dengan mudah dipindahkan. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan pengunjung untuk memesan dua jenis bir berbeda dalam satu meja yang sama.

Meskipun memiliki beberapa perbedaan, sistem 2S2B dan 2SMT sama-sama bisa menyajikan bir dalam kondisi dingin, serta menampilkan jumlah bir yang telah dikonsumsi di setiap meja. Selain itu, sistem self service ini juga disukai pengunjung dan bisa meningkatkan pemasukan pub dan bar yang menggunakannya. Pasalnya, pengunjung bisa menikmati bir sebanyak yang mereka inginkan, serta dapat langsung menikmati bir favorit tanpa harus menunggu pelayan mengantarkan pesanan mereka.

Sistem  2S2B dan 2SMT memang bisa memberikan pengalaman berbeda bagi para penikmat bir. Semoga sistem canggih dan revolusioner ini bisa segera diterapkan juga oleh pub dan bar di Indonesia, ya! (Vita)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »